Kamis, 19 Februari 2015

Tugas Kompetensi Guru Pai



NAMA : WINNI WARNIZA AZ

NIM : 13210297

MK : KOMPETENSI GURU PAI



Jawaban:

1. a. Standar mental adalah mental yang sehat, mencintai/mengasihi, mengabdi, dan memiliki dedikasi yang tinggi pada tugas dan jabatan.

b. Standar moral adalah memiliki budi pekerti luhur dan sikap moral yang tinggi.

c. Standar sosial adalah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat di lingkungannya

d. Standar spiritual adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME yang diwujudkan dalam ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

e. Standar intelektual adalah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan profesional.

f. Standar fisik sehat jasmani, berbadan sehat, tidak mengidap penyakit menular yang membahayakan dirinya, pesertadididk, dan lingkungannya.

g. Standar psikis adalah guru harus sehat rohani, tidak mengidap gangguan jiwa atau kelainan yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas profesionalnya



2. A. Guru memahami peserta didik ialah seorang guru harus mampu untuk memamahi kebutuhan dan metode belajar yang tepat untuk anak didik, karena bahwasanya setiap anak didik memiliki karakter dan cara belajar yang berbeda-beda dalam proses belajar. Sebagai peserta pendidik kita di tuntut untuk mampu memahami peserta didik agar proses belajar dan mengajar berjalan menjadi lancar dan tujuan pembelajaran pun dapat dicapai.



Sebagai contoh : Guru memahami karakter siswa dikelas dan didapati siswa yang sulit untuk menangkap materi pembelajaran yang diajarkan, sehingga guru tersebut memberikan solusi atau cara lain sebagai jalan keluar agar si anak yang kesulitan memahami materi pelajaran tadi menjadi lebih mudah untuk menangkap apa yang disampaikan oleh guru tersebut.



Jadi dapatkan disimpulkan bahwa guru memahami peserta didik termasuk dalam kemampuan standar intelektual.





B. Guru memahami tentang rancangan pembelajaran, sebagai seorang pendidik atau di juga dituntut untuk memahami tentang rancangan pembelajaran. Rancangan pembelajaran ialah suatu aktivitas yang merumuskan sesuatu terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar dan mengajar dilaksanakan. Guru memang berkewajiban untuk merancang pembelajaran sebelum berlangsung nya kegaiatan belajar dan mengajar, rancangan pembelajaran bertujuan untuk menyusun bahan yang akan diajarkan, mampu untuk menentukan metode yang akan disampaikan kepada siswa dan sebagainya.



Sebagai contoh : seorang guru membuat rancangan pebelajaran dikelas A, guru tersebut membuat rancangan pembelajaran yang berbeda dari kelas lainnya dikarenakan kelas tersebut sedikit lebih sulit memahami apa yang diajarkannya. Maka dibuatlah rancangan pembelajaran yang mampu untuk membangkitkan semangat belajar dan meningkatkan semangat belajar siswa agar berani untuk mengajukan pertanyaan disaat mereka belum mengerti dan memahami materi yang disampaikan.



Jadi dapat disimpulkan bahwasanya memahami tentang rancangan pembelajaran. Termasuk dalam kemampuan intelektual.



3. Guru memahami pelaksanaan pembelajaran. Sebagai seorang guru dituntut untuk wajib memahami pelaksanaan pembelajaran karena seorang guru atau pendidik lah yang merancangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bertujuan untuk lebih fokus dan mempermudah dalam menyampaikan materi kepada siswa dalam mensukseskan kurikulum yang sedang berjalan.

Sebagai contoh dalam proses belajar mengajar atau dalam hal untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa seorang guru membuat rancangan pembelajaran agar apa yang disampaikan dan diajarkan sesuai dengan kurikulum dari pememrintah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa guru memahami pelaksaan pembelajaran termasuk dalam kemampuan intektual.



4. Guru memahami pemanfaatan teknologi pembelajaran. Sebagai seorang guru kita juga dituntut untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh sekolah. Dukungan teknologi pembelajaran ini mendukung untuk mensukseskan kegiatan belajar mengajr agar menjadi lebih efektif .

Sebagai contoh : Guru biologi memnafaatkan fasilitas di Lab MIPA untuk mengadakan penelitian perkembang biakan tumbuhan bersama dengan siswa yang bertujuan agar siswa tersebut mampu memahami lebih jauh lagi tentang materi perkembang biakan pada tumbuhan sehingga mereka mampu untuk membedakan berbagai macam tumbuhan dari cara tumbuhan tersebut berkembang biak.

Jadi dapat disumpulkan bahwa memahami pemanfaatan teknologi pembelajaran termasuk dalam kemampuan sosial dan intelektual.

5. Guru memahami evaluasi hasil belajar. Seorang guru wajib mampu mengevaluasi hasil belajar siswa, karena seorang guru dapat dikatan berhasil dalam mendidik siswa dapt dilihat dari seberapa besarnya kemampuan siswa yang ditunjukan dalam hasil belajar.



Sebagai contoh memahami evaluasi hasil belajar ialah seorang guru mengadakan ulangan dikelas secara tertulis maupun lisan. Dari hasil ulangan tersebutlah seorang guru mampu untuk menilai dan mengevaluasi hasil belajar siswa, siswa mana yang sudah benar-benar memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar nilai yang telah diteteapkan dan siswa mana yang belum sepeuhnya berhasil dalam proses belajar mengajar. Dan ini menjadi acuan seorang guru unuk meningkatkan kinerja dalam memberikan materi dan memperbaiki metode pengajaran dikelas.



Jadi dapatkan disimpulkan bahwa guru memahami peserta didik termasuk dalam kemampuan standar intelektual.



don't forget follow my instagram : @winniazzaghladi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar